Rabu, 17/07 saya bertolak Jakarta, tujuannya adalah Jakarta Convention Center, pada hari itu sampai tanggal 19 sedang ada event tahunan internasional yang bertajuk Indonesia International Smart City Forum & Expo. Tujuan utama saya kesana adalah untuk meninjau stand Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika.

angipin.web.id
Foto bersama di Stand Jabar Digital Province

Distand tersebut, ada karya Relawan TIK Kota Cirebon yang turut serta dipamerkan, selain itu, saya juga bertujuan untuk mengantarkan satu karya lagi, yaitu Game Kwartet I Cakap kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat.

Difasilitasi oleh Relawan TIK Provinsi Jawa Barat, dihari pertama saya bisa masuk ke arena pameran. Takjub dan sedih, dua rasa itu yang menghantui saat melihat berbagai produk serta inovasi terknologi penunjang Smart City yang dipamerkan.

Disatu sisi banyak produk teknologi yang baru saya liat dan saya ketahui secara langsung, disatu sisi ada ketakutan tentang kesiapan kita sebagai bangsa, baik secara infrastruktur maupun SDM, khususnya untuk generasi mendatang.

angipin.web.id
Foto bersama Onno W Purbo

Salah satu momen istimewa dievent tersebut adalah, saya bertemu secara tidak sengaja dengan sesepuh Teknologi Informasi Indonesia, siapa yang tak kenal Onno W Purbo, uniknya saya menjumpainya disaat beliau sedang minum air kemasan diarea parkir.

Tak berfikir panjang, saya langsung menjumpainya dan mengenalkan diri, saya paham tokoh besar seperti beliau pasti tidak kenal saya, tapi berkat seragam yang saya pakai, beliau langsung dapat mengenali, terlebih, beberapa bulan lalu beliau hadir diacara Festival TIK yang digelar di Kota Cirebon.


Sepulang dari event tersebut, salah satu kesimpulan saya adalah, teknologi dengan apapun platform dan jenisnya, kini sudah tersedia. Selebihnya apakah saya siap dengan itu semua, sebab, tinggal menunggu waktu saja semua yang saya lihat dievent tersebut akan masuk ke Indonesia.